metal.music.underground music. since 2011

ADS HERE
WELCOME to UNDERGROUNDSYNC.COM

TENGKORAK: INDONESIAN GRINDCORE (THEIR BAND PROFILE)



 TENGKORAK

Pada akhir tahun 1993 Ombat, Danang, dan Yoyok membentuk band bernama TENGKORAK. Dengan karakter music yang dipengaruhi oleh salah satu dari pionir band grindcore asal Inggris yaitu NAPALM DEATH. TENGKORAK awalnya terdiri dari empat orang: M. Hariadi 'Ombat "Nasution (vokal), Danang Bhudiarto (Bass), Yoyok Radianto (Guitars), dan Denny Julianto (Drums), kemudian, Pada tahun 1994 Adam Mustofa bergabung menjadi gitaris di line up ini. TENGKORAK adalah band Grindcore pertama di Jakarta yang merilis mini Album berjudul "It's a Proud to Vomit Him " yang memuat 4 lagu yaitu: Primitive Jokes, Aggression, The Grave Torment dan Bencana Moral.


Setelah bermain beberapa pertunjukan dalam mempromosikan rilisan pertama tersebut, Adam berhenti karena sibuk dengan pekerjaan sehari harinya! Tetapi. band ini masih menetukan aturan main alias


tetap berjalan, walau berjalan hanya dengan satu gitar, kepergian Adam tidak memberikan dampak minus pada musik TENGKORAK!

Pada awal tahun 1997, TENGKORAK mencoba untuk menyebarkan kaset hingga merchandise mereka ke seluruh dunia dengan mengirimkan barang-barang mereka ke pedagang kaset, distro, band, majalah, label dan Siapa pun yang terlibat dalam scene Underground dan jaringan yang mereka rintis!

Upaya ini membuat hasil yang baik, TENGKORAK telah menjual mini album mereka tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara-negara lain di seluruh dunia. Setidaknya TENGKORAK membuktikan keberadaan band-band Underground Indonesia! Hal ini dapat terjadi dengan bantuan besar distro, majalah, band dan semua jaringan pedagang indie label dari negara-negara lain hingga menembus USA, MALAYSIA, JEPANG, PERANCIS, REP CEKO., RUSSIA, LATVIA, SPAYOL, POLANDIA, BELARUSS, KANADA, SINGAPUR, INDIA, THAILAND, BELANDA, MEKSIKO, ITALIA, BRUNEI DARUSALAM dan sebagainya..

Salah satu perusahaan rekaman jepang (BLOODBATH RECORDS) tertarik pada TENGKORAK. Dan BloodBath Recordpun merilis mini album TENGKORAK yang berisikan 7 lagu di Jepang, itu membuat TENGKORAK menjadi band Underground Indonesia pertama yang merilis album di luar negeri! Judul albumnya adalah "Dying Poor".


Pada bulan November 1997, TENGKORAK kembali masuk studio rekaman untuk merekam satu lagu berjudul "Konflik 'untuk Kompilasi Metalik Klinik (Indonesian Underground Compilation ) tidak lama setelah mereka mendapat kesepakatan dengan salah satu perusahaan rekaman terbesar di Indonesia yaitu Musica ! dan mempelopori band-band Indonesia lainnya untuk ambil bagian dalam proyek ini! Akhirnya, pada akhir Desember 1997 "Metalik Klinik" kompilasi beredar di toko kaset nasional dan semua itu didistribusikan di seluruh Indonesia oleh MUSICA RECORDS INDONESIA . Sampai Januari 1998, Sudah terjual 60,000 keping hanya di Indonesia!


Namun dibalik semua itu. Tengkorak harus memecat drummer lamanya yaitu Denni Julianto, "kami tidak bisa bersamanya lagi karena sikap buruknya di antara kami semua! Jadi setelah itu Tengkorak sempat bermain dengan bantuan drumer auditional bernama Donnirimata dari band SUFFERING".

Dan setelah lama bermain dengan konsep satu gitar, akhirnya Tengkorak menambah line up gitarisnya dengan kehadiran Hella Tanisan (mantan gitaris Trauma) menggantikan posisi Adams yang mengundurkan diri sejak lama. Setelah bermain di dua pertunjukan,


Tengkorak memutuskan Donnirimata sebagai anggota tetap, dan akhirnya Donnirimata meninggalkan Suffering band lamanya untuk bergabung dengan Tengkorak. Maka formasi Tengkorak saat itu adalah: M. Hariadi "ombat" Nasution, SH., (vokal), Danang Bhudiarto, SH. (Bass ), Haryo "Yoyok" Radianto, SI-H (Guitars), Hella Tanisan (Guitar), Donni Rimata (Drums).

Maret-April 1999, TENGKORAK kembali masuk dapur rekaman di Magenta Studio untuk merekam full album pertama yang berjudul Konsentrasi MASSA. Album ini berisi 20 lagu, seperti OKNUM, ASAP TEBAL, GAWEAN REGET, PRIMITIF JOKES, KEMELUT, KONSENTRASI MASSA, SPEKULASI BISNIS, PENJILAT, PRESTASI GILA, BURUH, BISNIS EJAKULASI, CACAT POLITIK, DOSA KELUARGA, BENCANA MORAL, DISKRMNASI, CHAOS OR RIOT, AZTEK, DOGMA, PROPAGANDA etc. Konsentrasi MASSA album yang diproduksi oleh ROTOR CORP dan didistribusikan secara nasional oleh MUSICA STUDIO'S. sebelumnya dibagikan oleh rekan-rekan kerja di jaringan label indie Tengkorak di seluruh dunia. Album ini diharapkan bisa tersebar luas menembus komunitas –komunitas metal di Israel, Belarus, Republik Czeh, Portugal dll.


Satu bulan kemudian, Heilla Tanissan keluar dari band karena alasan tersendiri ( digantikan oleh moron diketahui bernama Opick di awal 2000). Diikuti oleh Donni setahun setelah itu, untuk lebih fokus dengan pekerjaannya, namun Denni Julianto (TENGKORAK drummer lama) bergabung kembali pada 2001. Namun Denni tidak seserius yang diharapkan oleh Tengkorak untuk fokus pada eksistensi band ini karena kesibukannya. Jadi Tengkorak lebih berharap memiliki Drummer seperti Donnirimata untuk ada bersama tim setelah komunikasi ulang untuk menselaraskan kesibukan Tengkorak dengan kesibukan kerja Donni. Dan Tengkorak kembali dengan komposisi dua gitar ditambah 3 orang yang siap merobek telinga para pendengarnya.

April 2001 Album Tengkorak yang berjudul Konsentrasi Massa dirilis ulang di Negara Jepang. Dan pada bulan Mei 2002 TENGKORAK langsung melakukan tour 16 tempat dengan nama tur MONSTER OF ROCK TOUR (Gudang Garam Tour) dengan Suckerhead, Edane, dan PAS.

Bersamaan dengan tur Monster Of Rock, pada bulan Mei 2002 juga, TENGKORAK kembali masuk studio untuk merekam "Pluit Phobia", sebuah album tribute untuk ROTOR proyek yang dihasilkan oleh Rotorcorp & Sebelas April Rec. berisi dari 12 band Indonesia ditambah satu band Malaysia SIL KHANNAZ. Segera setelah proyek ini, TENGKORAK menyiapkan materi untuk album berikutnya Dengan Judul "DARURAT SIPIL" berisi 14 lagu dan Outro pada bulan September 2002. Tengkorak masih dikenal sebagai grindcore dengan music cadas yang gila dan masih menyebarkan penyakit grindcore pada penggemarnya di

seluruh dunia!


Pada tahun 2002, tepatnya bulan desember, Samier (mantan gitaris Slowdeath) masuk menggantikan Opick. Selang dua tahun kemudian, posisi Danang juga digantikan oleh Bonnie Sidharta (sekarang bermain untuk Deadsquad). Donnirimata juga digantikan oleh drumer Panic Disorder yaitu Ronnie Yuska. Pada tahun 2005 ini Tengkorak tampil sebagai pembuka Napalm Death di Ancol, Jakarta.

Pada tahun 2007 album ke tiga TENGKORAK berjudul "Agenda Suram" dirilis secara Independen oleh label Sebelas April Records. Sayangnya setelah album ini rilis, Bonnie memilih untuk mundur dan membentuk Deadsquad. Posisi bass sempat diisi oleh Opick, tetapi selang satu tahun kemudian setelah menjadi opening Suffocation, Opick memilih untuk keluar. Sampai sekarang posisi bass dipegang oleh Herri Budiman (bassis yang juga bermain di Locomotive)


Album Agenda Suram


Namun TENGKORAK sempat memutuskan membubarkan diri pada tahun 2008. Dan melakukan tur terakhir mereka di tur Monster Of Rock 2008 bersama SIKSA KUBUR –QISHASH –GELAP –BOROX –BLACK RAMSTEIN –DARKNESS –INHUMANITY –BORGOL –BROWNSHIT – SORROW –BLEEDING MERRY UNROMANTIC –FILTHBLANK –JHONNY & THE ROCKER SWINDER.

Hal ini telah membuat gempar dunia metal tanah air. Salah satu icon penting bahkan salah satu pendiri scene metal dan underground tanah akhir akan berakhir. Terutama kepada penggemar TENGKORAK dilapangan yang didapati oleh redaksi Berandalan Puritan, banyak yang tidak setuju TENGKORAK membubarkan diri. Setelah menuai banyak masukan baik dari pemerhati komunitas metal hingga kritik dari para Penggemarnya. Pada tahun 2009 TENGKORAK kembali kepada eksistensi alias tidak jadi bubar.

Ombat Tengkorak memberikan penjelasan bahwasanya memang TENGKORAK seperti mengalami perubahan ideology 180 derajat. Topic

–topic yang diangkatpun memang memiliki khas tersendiri. Jika selama ini metal identik dengan alcohol, seks bebas, narkotika dan hal hal

negatif lainnya maka dengan tegas Ombat menyatakan “TENGKORAK dari dulu berjuang sendiri, mau band selevel Slayer, Napalm Death

hingga Lamb Of God dah paham gue, buat TENGKORAK semua band yang ngajarin sesuatu yang merusak generasi muda mereka itu musuh TENGKORAK”.

TENGKORAK adalah icon legendaries yang tidak bisa ditandingi. Mereka memulai karir mereka dari nol besar hingga menggebrak dunia metal hingga ke scene global metal. Mereka kembali! Mereka eksis! Dan semangat mereka tidak akan mati! Ya benar TENGKORAK Rules!


it’s a ProudmitHim”,ToalbumVo pertama yang rilis TENGKORAK independen pada tahun 1995 silam, direncanakan akan dirilis ulang

oleh Zim Zum Entertainment dalam format kaset dan CD. Album reissue yang akan dirilis pada akhir Desember 2015 ini, menyertakan bonus 3 lagu tambahan yang tidak masuk di rilisan aslinya 20 tahun lalu.

Album versi reissue ini juga telah dimastering ulang di Florida, Amerika

Serikat oleh Juan “Punchy” Gonzales metal legendaris dunia sekelas Terrorizer, Morbid Angel, Nile, dan

sebagainya. Dalam siaran persnya, Zim Zum Entertainment juga menyatakan bahwa upaya rilis ulang ini sebagai perayaan 20 tahun album pertama TENGKORAK yang dikenal sebagai album pionir Grindcore di Indonesia.

“It’s a Proud.." sendirialiStudioTriple MdirekamJakarta p pada September 1995. Dirilis hanya dalam format kaset, “It’s a Pro menyebar hingga ke 28 negara.



TENGKORAK sendiri kala itu telah merekam tujuh lagu. Namun hanya empat lagu saja yang kemudian rilis sebagai mini-LP. Sedangkan tiga
lagu  sisanya  kemudian  dikemas  spli

Turbulency (R. Ceko) oleh label rekaman asal Jepang, Bloodbath Records.

Youtube Link :

1.    2002 Pemimpin Gila Video Clip  https://youtu.be/xCbhLOu_cRE

2.    2004 Tengkorak Indonesian Grindcore Documentary LIVE  https://youtu.be/U4PFR6WbY3Y

3.    2004 Pemimpin Gila Live Rock in Solo  https://youtu.be/s5A-viiM49Q

4.    2015 Live Jakarta Clothing  https://youtu.be/4ndSLLM1l50


TENGKORAK

INDONESIAN  GRINDCORE

2016



  



Share:

STREAMS

BLACK NIGHT MEDITATIONS - Underground Metal Radio

Listen to BLACK NIGHT MEDITATIONS - Underground Metal Radio with eighty-eight episodes, free! No signup or install needed. 07 Aug 20 Black Night Meditations - Metal FM Radio. 31 Jul 20 Black Night Meditations - Metal FM Radio.

Best Metal of All Time playlist - Listen now on Deezer | Music Streaming

These are the best metal bands for now, tomorrow and the rest of eternity.

Hell Of Feeds

Embrio kelahiran scene musik rock underground di Indonesia sulit dilepaskan dari evolusi rocker-rocker pionir era 70-an sebagai pendahulunya. Sebut saja misalnya God Bless, Gang Pegangsaan, Gypsy(Jakarta), Giant Step, Super Kid (Bandung), Terncem (Solo), AKA/SAS (Surabaya), Bentoel (Malang) hingga Rawe Rontek dari Banten. Mereka inilah generasi pertama rocker Indonesia.

That's Not Metal

The official podcast of MetalSucks, Petar Spajic, Brandon Hahn and Jozalyn Sharp. One featured interview each week with a prominent metal musician, and discussion of the latest headlines in metal news. New episodes every Monday morning.

Discogs - Music Database and Marketplace

Discover music on Discogs, the largest online music database. Buy and sell music with collectors in the Marketplace.

RockWorld24.com

RockWorld24.com is on Mixcloud. Listen for free to their radio shows, DJ mix sets and Podcasts

SUPPORT YOUR LOCAL SCENES